--> Skip to main content

Permainan Kuartet Edukasi Anak Edisi Khusus Korona

Halo Ayah Bunda, dan Ibu Guru. Untuk mengisi kegiatan belajar Ananda di rumah selama masa lockdown akibat korona, MediaBelajar.My.Id membuat permainan kuartet sebagai upaya pengenalan dan edukasi terkait wabah korona berjudul Permainan Kuartet Edisi Khusus Korona. Kwartet mencakup pengenalan mengenai siapa saja para petugas kesehatan, apa saja alat-alat kesehatan, apa saja gejala korona, pencegahan korona, minuman dan makanan (buah dan sayur) yang dibutuhkan untuk asupan gizi.

Untuk dapat memainkan kwartet ini, Ananda paling tidak sudah mulai belajar membaca, atau jika belum dapat mencermati gambar yang ada di dalam kartu. Permainan kwartet ini juga dapat dijadikan latihan membaca sambil bermain.. Untuk melihat lembar kerja lainnya silakan menuju ke daftar isi.

Permainan Kuartet Edisi Khusus Korona
Permainan Kuartet Edisi Khusus Korona


Peraturan bermain kuartet sebagai berikut:

  1. Permainan Kuartet dapat dimainkan oleh 2 sampai 6 orang. 
  2. Campur semua kartu ke dalam satu tumpukan dan kocok secara acak.
  3. Berikan empat kartu secara acak ke tiap pemain. Sisa kartu dapat ditumpuk di tengah.
  4. Mulai permainan dari pemain dengan usia paling muda.
  5. Pemain pertama dapat meminta kartu kepada salah seorang pemain.
  6. Untuk meminta kartu, pemain pertama harus menyebutkan nama kelompok dan nama kartu. Misal, Budi meminta kartu minuman susu pada Fajar.
  7. Jika pemain yang dimintai kartu memiliki kartu tersebut, ia harus menyerahkan pada pemain yang meminta.
  8. Jika pemain yang ditanya tidak memiliki kartu ini, pemain pertama mengambil kartu dari tumpukan.
  9. Giliran berpindah ke pemain di kanan pemain pertama.
  10. Setiap pemain berusaha mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok. Jika Budi berhasil mengumpulkan “Brokoli”, “Terong”, “Sawi” dan “Wortel”, ia mendapatkan nilai. Setiap pemain yang berhasil mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok meletakkan keempat kartu tersebut di hadapannya dan mendapatkan satu nilai.
  11. Permainan berakhir ketika seorang pemain telah kehabisan kartu dan tidak ada kartu sisa di tumpukan.
  12. Pemain dengan nilai terbanyak memenangkan permainan.


Ayah dan Bunda dapat mengunduh dan menggunakan lembar kerja ini secara gratis. Untuk dapat membuka lembar kerja ini, pastikan pada komputer Anda telah terinstal program PDF reader. Cetak pada kertas berukuran A4, dan lembar kerja dapat langsung digunakan.

Semoga lembar kerja Paud dan TK ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari lembar kerja Paud dan TK Permainan Kuartet Edukasi Anak Edisi Khusus Korona serta dapat menjadikan proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan (fun learning).

Catatan: Apabila link download gagal silakan beritahukan kepada kami melalui kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar