Friday, April 27, 2018

Menebalkan Huruf tentang Bahaya Air

Download Juga Lembar Kerja Lainnya

Menebalkan Huruf tentang Bahaya Air

Halo Ayah dan Bunda, kali ini Media Belajar.my.id akan membagikan lembar kerja Menebalkan Huruf tentang Bahaya Air. Lembar kerja ini diperuntukkan bagi anak Taman Kanak-Kanak dan dapat didownload secara gratis. 

Pada aktivitas kali ini, anak diminta menebalkan huruf-huruf yang menyusun kata tentang bahaya air. Air yang berada dalam kondisi tidak normal, baik kandungannya, suhunya, maupun jumlahnya, dapat menimbulkan beberapa ancaman bahaya.
Menebalkan Huruf tentang Bahaya Air

6 Bahaya Air
Berikut 6 bahaya air yang diperkenalkan kepada anak dalam lembar kerja Menebalkan Huruf tentang Bahaya Air ini:

1. Banjir 
Banjir biasanya terjadi pada musim penghujan. Hujan lebat yang terus menerus dapat menyebabkan jumlah air yang ada di permukaan tanah bertambah banyak, akibatnya terjadilah banjir. Banjir dapat menggenangi dan menenggelamkan benda-benda yang lebih rendah dari permukaan air banjir.

2. Kekeringan
Kurangnya intensitas hujan pada musim kemarau, serta berkurangnya cadangan air tanah menyebabkan kekeringan. Kekeringan yang parah dapat menyebabkan masalah ikutan lain seperti gagal panen, ternak dan tanaman mati, dehidrasi dan sebagainya.

3. Pencemaran Air
Pencemaran air dapat terjadi akibat pembuangan limbah pabrik, limbah rumah tangga, perilaku membuang sampah di sungai, tumpahan minyak dan cairan berbahaya lainnya. Pencemaran air dapat terjadi di sungai, danau, air tanah, maupun di laut. Pencemaran air menyebabkan air tidak aman dikonsumsi dan digunakan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Pencemaran di laut, sungai dan danau dapat mengakibatkan matinya hewan-hewan air seperti ikan, kepiting dan sebagainya.

4. Tenggelam
Seseorang dapat tenggelam di dalam air (di sungai, danau, laut, kolam). Tenggelam dapat disebabkan tidak bisa berenang, terbawa arus, atau kelelahan. Jika terlambat mendapatkan pertolongan, seseorang yang tenggelam dapat meninggal dunia.

5. Erosi
Air yang mengalir dapat mengikis lapisan tanah yang dilaluinya (erosi). Erosi menyebabkan lapisan tanah paling atas yang subur terkikis, sehingga tanah menjadi kurang subur.

6. Tanah longsor
Hujan yang deras dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tanah longsor. .
Ayah dan Bunda dapat menyebutkan bahaya air lainnya sesuai dengan perkembangan dan pemahaman logika anak. 
Kemampuan yang dilatih

Dengan mengerjakan lembar kerja ini diharapkan anak dapat melatih beberapa kemampuan dasar seperti mengenal berbagai bahaya air dalam kehidupan sehari-hari, menebalkan huruf-huruf yang menyusun kata tentang bahaya air, mengeja susunan huruf yang menyusun kata tentang bahaya air. Pada aktivitas menebalkan huruf, anak akan dilatih kemampuan motorik dan koordinasi otot tangan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan pengenalan anak terhadap garis batas bidang.

Ayah dan Bunda dapat mengunduh dan menggunakan lembar kerja ini secara gratis. Untuk dapat membuka lembar kerja ini, pastikan pada komputer Anda telah terinstal program PDF reader. Cetak pada kertas berukuran A4, dan lembar kerja dapat langsung digunakan.

Lihat juga Worksheet/Lembar Kerja Bertema Air Udara Api dan Lembar Kerja TK

Dampingilah ananda saat mengerjakan lembar kerja ini, dan berilah arahan seperlunya agar ia dapat mengerjakan lembar kerja ini dengan baik.


Semoga lembar kerja Paud dan TK ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari lembar kerja Paud dan TK serta dapat menjadikan proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan (fun learning).


Catatan: Apabila link download gagal silakan beritahukan kepada kami melalui kolom komentar.


DOWNLOAD LEMBAR KERJA LAINNYA

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon